Entri Populer

Senin, 08 November 2010

KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (tesis)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah hirabbila’lamin. Penulis ucapkan segala puji hanya bagi Allah SWT dengan segala Taufiq, Hidayah dan I’nayah-Nya, proposal yang sederhana ini dapat diselesaikan. Shalawat dan Salam kepada Muhammad Rasulullah SAW beserta keluarga dan para shahabatnya.
Proposal yang penulis buat ini untuk memenuhi tugas mandiri mata kuliah Metodologi Penelitian, dengan judul yaitu,”KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (Studi deskriptif Analitik pada Sekolah Dasar Negeri di Kota Sibolga)”.
Proposal ini berupaya menelaah dan mengkaji fenomena empirik Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Peran Komite Sekolah dan Efektivitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah pada SD Negeri di Kota Sibolga. Dalam penulisan proposal ini penulis berharap dapat menghasilkan karya ilmiah yang bermutu, tetapi penulis sadar banyak kekurangan dan kelemahan, untuk itu penulis banyak menerima bantuan dari berbagai pihak.
Kepada semua pihak yang telah membantu, hanya ucapan terimakasih yang dapat penulis sampaikan, semoga bantuan tersebut menjadi ibadah dan dibalas oleh Allah SWT, amin.
Sibolga, Nopember 2010

Penulis
DAFTAR TABEL

4.1 Tabel Populasi Penelitian
4.2 Tabel Rangkuman Hasil Penghitungan Validitas Variabel X 1
4.3 Tabel Rangkuman Hasil Penghitungan Validitas Variabel X2
4.4 Tabel Rangkuman Hasil Penghitungan Validitas Variabel Y
4.5 Tabel Konsultasi Hasil Perhitungan Kecendrungan Skor Rata-rata
















DAFTAR GAMBAR

3.1. Gambar Kerangka Konseptual Penelitian




















DAFTAR ISI
KATA PANGANTAR i
DAFTAR TABEL ii
DAFTAR GAMBAR iii
DAFTAR ISI iv
BAB I PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah 1
1.2.Rumusan Masalah 6
1.3.Tujuan Penelitian 7
1.4.Manfaat Penelitian 8
1.4.1. Manfaat Teoritis 8
1.4.2. Manfaat Praktis 8
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Landasan Teoritis 9
2.1.1 Kemampuan manajerial kepala sekolah 9
2.1.1.1 Pengertian Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah 9
2.1.1.2 Kepala Sekolah Sebagai Manajer Pendidikan 11
2.1.1.3 Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pendidikan 19
2.1.2 Komite sekolah 27
2.1.2.1. Pengertian Komite sekolah 27
2.1.2.2. Kedudukan Komite sekolah 30
2.1.2.3. Tujuan Komite sekolah 31
2.1.2.4. Peran dan Fungsi Komite sekolah 32
2.1.2.5. Wewenang dan kegiatan pokok Komite sekolah 34
2.1.2.6. Eksestensi Komite sekolah Pasca Diundangkan Peraturan Pemerintah Nomor 47 dan 48 Tahun 2008. 37
2.1.2.7. Komite sekolah dan Partisipasi Masyarakat 40
2.1.3. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 48
2.1.3.1. Pengertian Manajemen Berbasis Sekolah 48
2.1.3.2. Tujuan dan Manfaat Manajemen Berbasis Sekolah 56
2.1.3.3. Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 58
2.1.3.4. Komponen-Komponen Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 60
2.1.3.5. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 61
2.1.3.6. Strategi Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 62
2.1.3.7. Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah 64
2.1.4. Sarana dan Prasarana Merupakan Komponen Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 66
2.1.5. Efektivitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah 70
2.1.6.Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah Beserta Pemecahannya 72
2.1.6.1. Faktor Pendukung Penerapan MBS 75
2.1.6.2.Faktor Penghambat Penerapan MBS 76
2.1.6.3.Pemecahan Faktor Penghambat Manajemen Berbasis Sekolah. 78
2.2. Hasil Penelitian Terdahulu Yang Relevan 81
BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS

3.1.Kerangka Konseptual 83
3.2.Hipotesis 87
BAB IV METODE PENELITIAN

4.1. Rancangan Penelitian. 88
4.2. Populasi dan Penentuan Sampel 88
4.3. Variabel Penelitian 92
4.4. Lokasi dan Waktu Penelitian 95
4.5. Instrumen Penelitian 95
4.6. Prosedur Pengambilan Data 102
4.7. Cara Pengolahan dan Analisis data 103
4.7.1. Cara Pengolahan Data 103
4.7.2. Analisis Data 105
4.7.2.1.UjiPersyaratanAnalisis………………………………… 105

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar